Minggu, 03 Agustus 2008

PESTA BLOGGER 25 OKTOBER 2008



Blog adalah trend gaya hidup baru didunia internet, dimana komunitas didalamnya adalah masyarakat pembuat blog maupun pembaca blog yang saling berinteraksi baik dalam skala nasional maupun skala internasional.
Pertama kali blog diperkenalkan ke masyarakat oleh Marc Andersen, selanjutnya pada bulan Januari tahun 1994 Justin Hall mempelopori blog pribadi.

Di Indonesia komunitas blog berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi internet yang masuk hampir kepelosok negeri. Pertama kali komunikasi blogger mengadakan pertemuan pada tahun 2007 yang selanjutnya oleh menteri Komunikasi dan informasi, Dr. M. Nuh, ditetapkan tgl 27 Oktober sebagai HARI BLOGGER NASIONAL Pada acara Pesta Blogger pertama tahun 2007 di Jakarta.

Setiap pribadi dapat membuat blog dengan mendaftar di www.blogger.com atau di www.wordpress.com. Termasuk para siswa yang memiliki hobby dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat membuat blog pribadi. Blog pribadi berisi tentang artikel, pendapat pribadi tentang berbagai peristiwa terkini, foto-foto dan video kegiatan. Keunggulannya blog ini dapat diakses disamping dengan menggunakan komputer yang tersambung internet juga dapat diakses lewat Ponsel (HP). Jadi keren' kan kalau kamu punya situs sendiri ?.

Trus bagaimana membuat blog ?

Hal yang perlu disiapkan atau tata cara pembuatan blog dapat diakses pada http://samuderacinta.blogspot.com. Dapat juga dibaca diperpustakaan SMPN I Kasembon :PANDUAN MEMBUAT BLOG INTERNET

Untuk tahun 2008, PESTA BLOGGER akan diadakan di Jakarta pada tanggal 25 Oktober 2008 dengan tema : BLOGGING FOR SOCIETY 25 OKTOBER 2008. Hari blogger jatuh pada tanggal 27 Oktober 2008. Informasi lebih lanjut dapat di klik disini : http://www.pestablogger.com



Sedangkan Pesta Blogger yang telah dilaksanakan tahun 2007 bertemakan dibawah ini ;

PESTA BLOGGER 2007: “SUARA BARU INDONESIA”


TENTANG PESTA BLOGGER 2007

• Pesta Blogger 2007 merupakan acara kumpul-kumpul bloggers berskala nasional pertama di Indonesia, yang juga akan melibatkan para blogger terkemuka di bidangnya masing-masing.
• Rencananya, acara ini akan digelar di Hard Rock Cafe, Jakarta, pada hari Sabtu, 27 Oktober mendatang.
• Tema Pesta Blogger 2007 tahun ini adalah “Suara Baru Indonesia”—di mana ‘pesta’ ini juga akan menjadi wadah pertemuan dan diskusi bagi para blogger untuk bersama-sama menciptakan iklim nge-blog yang positif di Indonesia; sehingga blog dapat menjadi media ekspresi baru yang mampu menyuarakan pikiran, pendapat, dan perasaan para blogger Indonesia.
• Pesta Blogger 2007 diprakarsai oleh konsultan kehumasan Maverick bersama Bubu Internet, serta didukung oleh Depkominfo Republik Indonesia.
• Pada tahun pertama ini, Pesta Blogger 2007 terselenggara berkat kerja sama yang baik dari Microsoft Indonesia dan Nokia Indonesia sebagai sponsor, serta Kompas Cyber Media, Koran Tempo, dan The Jakarta Post sebagai media partner.


PESERTA

• Seluruh blogger Indonesia berhak untuk ikut berpartisipasi dalam acara ini.
• Dari 200 bloggers yang akan hadir dalam acara tersebut, 100 bloggers akan diundang secara khusus oleh Komite Pesta Blogger 2007, sementara 100 tempat berikutnya akan diberikan kepada para bloggers yang mendaftarkan diri lewat situs resmi Pesta Blogger 2007 yaitu http://pestablogger.com/ dengan sistem first come first serve.
• Ke-200 peserta Pesta Blogger 2007 ini tidak akan dipungut biaya—alias gratis; sementara mereka yang tidak tercatat dalam daftar 200 bloggers tersebut bisa tetap berpartisipasi dalam Pesta Blogger 2007 dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 200.000,-.



AKTIVITAS

• Selain menjadi ajang kumpul-kumpul dan temu-muka para blogger terkemuka Indonesia, ajang ini juga akan menjadi wadah pertemuan dan diskusi bagi para blogger untuk bersama-sama menciptakan iklim nge-blog yang positif di Indonesia; sehingga blog dapat menjadi media ekspresi baru yang mampu menyuarakan pikiran, pendapat, dan perasaan para blogger Indonesia.
• Pesta Blogger 2007 juga akan menghadirkan talkshow yang rencananya akan diisi oleh Menkominfo Muhammad Nuh, Budi Putra, dan Enda Nasution.
• Setelah itu, para blogger dapat berkumpul dan berbincang dengan blogger lain dalam bidang/kategori yang berbeda, seperti: online marketing dan sales, women’s issues, teknologi, blog personal, blog selebriti, dan bridge blogging (blog yang ditulis dalam bahasa Inggris).
(*Panitia juga tengah mengusahakan adanya video streaming dan membuka IRC chatroom saat event berlangsung, sehingga para blogger di daerah yang tidak dapat menghadiri acara ini bisa berpartisipasi meskipun dari jarak jauh)

BLOG FAVORIT PESTA BLOGGER 2007

• Menjelang acara Pesta Blogger 2007 ini, melalui pestablogger.com juga akan digelar ajang penghargaan Blog Favorit Pesta Blogger 2007 dalam bidang-bidang sebagai berikut: online marketing dan sales, women’s issues, teknologi, blog personal, blog selebriti, dan bridge blogging (blog yang ditulis dalam bahasa Inggris).
• Selain itu akan juga diberikan penghargaan khusus bagi Blog Pendatang Baru Terfavorit—yakni untuk kategori blog yang maksimal baru berusia 6 bulan.
• Para blogger dapat mendaftarkan nama, alamat email, serta URL blog masing-masing untuk diikutsertakan dalam ajang ini melalui pestablogger.com.

KOMITE PESTA BLOGGER 2007

Organizer : Maverick
Co-organizer : Bubu Internet
Ketua : Enda Nasution
Anggota : Budi Putra, Fatih Syuhud, Lita Mariana, Nukman Luthfie, Priyadi Nurcahyo,
Ratna Ariyanti (Atta), Wicaksono, Wimar Witoelar, dan Yosef Ardi
Logo & desain : Jerry Aurum
Sponsor : Microsoft Indonesia, Nokia Indonesia
Media partner : Kompas Cyber Media, Koran Tempo, The Jakarta Post

Tidak ada komentar: